Minggu, 02 Maret 2014

Tugas Anda sebagai Pemasar Jaringan -- Penggandaan

Rahasianya adalah penggandaan, adalah: Kekuatan bisnis Anda ada pada fleksibilitas atau skalabilitasnya. Bisnis yang fleksibel adalah bisnis yang bisa beroperasi pada skala apa saja.

Wirausaha sering menganggapnya sebagai masalah sukses atau gagal sama sekali. Dunia penuh dengan calon wirausaha yang menciptakan bisnis yang luar biasa, sepanjang bisnis itu beroperasi pada skala yang begitu kecil sehingga mereka bisa mengontrol setiap aspeknya. Akan tetapi, ada segelintir wirausaha yang tahu cara mendesain model bisnis kecil mereka sehingga dapat digandakan dan diperbanyak berkali-kali tanpa partisipasi Iangsung mereka

Inilah rahasia kecerdasan Ray Kroc dalam menciptakan fenomena McDonald's. Ray tidak mencari pasukan elite pengusaha restoran berbakat dengan keahlian super untuk menjalankan berbagai operasinya. Sebaliknya, dia mendesain keahlian langsung ke dalam operasinya

Itulah tepatnya yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran jaringan yang pintar. Alih-alih hanya merekrut pembicara, presenter, dan wiraniaga paling berbakat, mereka mendesain presentasi ke dalam sistem itu sendiri, dalam bentuk alat informasi--dan, seperti kata John, semua itu tidak terjadi dalam waktu semalam

Menarik bahwa buku ini berjudul The Business of the 21st Century, karena meski sudah ada selama beberapa dasawarsa, sejatinya model bisnis ini baru sampai ke potensi riilnya.

Saat ini, ketika memulai bisnis pemasaran jaringan sendiri, Anda tidak perlu menjadi orator yang andal. Bahkan, berusaha menjadi seperti itu malah bisa kontraproduktif, karena, sekali lagi, kemampuan seperti itu adalah keterampilan yang sangat khusus, dan oleh karenanya tidak bisa digandakan.

Sebagai pemasar jaringan, uraian tugas Anda adalah, sederhananya, menjalin hubungan dengan orang lain, mengundang mereka untuk mengalami apa yang Anda rasakan dan menyimak informasi yang Anda terima, kemudian menindaklanjutinya bersama mereka. Selanjutnya, begitu mereka memutuskan bergabung dengan Anda dalam bisnis itu, Anda berbagi antusiasme dan pengalaman Anda dengan mereka, serta membantu mereka belajar melakukan apa yang Anda telah pelajari untuk di lakukan. 

Tugas Anda adalah menjalin relasi, berbincang, mengeksplorasi kemungkinan, mengenali orang lebih dekat, dan membantu mereka memahami apa sejatinya bisnis ini.


undang -> presentasi -> tindaklanjuti -> latih 


Berikut gagasan intinya: Dalam pemasaran jaringan, Anda adalah pembawa pesan, bukan pesan itu sendiri

Sekarang bukan zamannya lagi membawa sekardus besar produk sampel, mengubah ruang tamu menjadi tiruan etalase toko, atau mengingat daftar panjang fitur produk dan statistik keuangan. Sekarang abad ke-21. Di pemasaran jaringan masa kini, alat yang melakukannya. Tugas Anda adalah menjalin hubungan dan mengundang. 

Dan, tidak berarti Anda tidak memerlukan keterampilan. Anda mutlak memerlukannya. Anda perlu mengembangkan keterampilan yang kita bicarakan sebagai bagian dari Aset #1: kemampuan memperoleh rasa percaya diri, menghadapi penolakan, berkomunikasi, menjadi juru dongeng yang hebat, peduli tentang orang, melatih orang, dan lain sebagainya. 

Akan tetapi, keterampilan ini bisa dipelajari oleh siapa saja. Jika pernah membantu membangun liga sepak bola, tim POMG, atau kelompok catur, ikut kampanye politik atau kepanitiaan di tempat ibadah, melatih Little League, atau membentuk grup band sendiri, Anda pasti tahu seperti apa rasanya membangun jaringan. 

Anda tidak membutuhkan wiraniaga top untuk menggandakan apa yang Anda lakukan. Anda perlu orang yang bersedia mempelajari keterampilan bisnis dan komunikasi dasar serta tumbuh menjadi wirausaha dan pembangun tim yang mampu mengambil keputusan sendiri. 

Sedikit sekali orang yang benar-benar memiliki keterampilan menjual. Akan tetapi, siapa saja bisa menjadi sangat terampil dalam menjalin jaringan, menjadi pelatih, dan membangun tim. Itu artinya bisnis ini terbuka bagi ratusan juta tetangga Anda. Itu artinya Anda punya bisnis yang sepenuhnya dapat digandakan dan fleksibel. 

Setelah berhasil menumbuhkannya menjadi lima orang dan kemudian lima puluh orang, Anda menguasai keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk menumbuhkannya menjadi lima ratus, lima ribu, serta tak terhingga. Hal itu membawa kita ke segi kepemimpinan.


Dari buku karangan Robert T. Kiyosaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar