Minggu, 02 Maret 2014

Kekuatan Jaringan Pribadi Anda

Kekuatannya bukan pada produk; kekuatannya ada pada jaringan. Jika Anda ingin kaya, strategi terbaiknya adalah mencari cara untuk membangun jaringan yang kuat, laik, dan tumbuh.


Edison muda tidak puas hanya menjual koran, ia belajar cara mengirim serta menerima sandi Morse sehingga bisa bekerja sebagai operator telegram. Dalam waktu singkat dia menjadi salah seorang operator terbaik di tempat kerjanya--dan di tempat inilah dia mengetahui rahasia yang akan menjadikannya seorang jutawan. Sebagai operator telegram dia melihat apa yang mengubah penemuan telegram menjadi kesuksesan luar biasa. Hal itu adalah sistem kabel, tiang, orang-orang terampil, dan stasiun relai. Itulah kekuatan sebuah jaringan. 

Meski Edison terkenal atas keberhasilannya mengotak-atik lampu pijar dan menyempurnakan filamen yang membuat lampu pijar praktis, mendirikan perusahaan yang merentangkan kawat listrik sehingga memungkinkan lampu pijar masuk jauh ke masyarakat adalah bukti nyata kegeniusannya. Perusahaan yang Edison dirikan kemudian menjadikannya seorang multijutawan. Namanya General Electric. 

Yang membuat bisnis Edison revolusioner bukanlah lampu pijar itu sendiri, tapi sistem perkabelan listrik dan stasiun relai yang mengalirkan daya ke lampu pijar tersebut. Ini disebut jaringan.

Kata ayah kaya saya, "Orang terkaya di dunia membangun jaringan. Orang lainnya mencari kerja."

Dari juragan kapal dan operator kereta api sampai Sam Walton, Bill Gates, dan Jeff Bezoz, orang-orang terkaya sejagat adalah mereka yang tahu cara membangun jaringan. Sam Walton tidak memproduksi barang; dia membangun jaringan distribusi yang mengirimkan barang-barang itu. Bill Gates tidak membuat komputer; dia membangun sistem operasi untuk menjalankan komputer-komputer itu.

Jeff Bezos tidak terjun ke penerbitan buku; dia menciptakan jaringan online Amazon yang mengirimkan buku-buku itu.

Kekuatannya bukan pada produk; kekuatannya ada pada jaringan. Jika Anda ingin kaya, strategi terbaiknya adalah mencari cara untuk membangun jaringan yang kuat, laik, dan tumbuh.

Tentu saja kita bukan Thomas Edison, Sam Walton, atau Bill Gates, dan tidak akan pernah menjadi mereka. Ya, akan ada banyak perintis kreatif luar biasa di tiap generasi yang menciptakan jaringan multi juta dolar dari nol, seperti yang tokoh-tokoh itu lakukan, tapi ambisi seperti itu tidak masuk akal untuk puluhan ribu, apalagi jutaan, orang.

Itulah sebabnya pemasaran jaringan adalah ide yang brilian. Perusahaan yang membentuk industri pemasaran jaringan sekarang menawari jutaan orang seperti Anda peluang untuk membangun jaringan sendiri daripada menghabiskan umur bekerja untuk jaringan orang lain.


Dari buku karangan Robert T. Kiyosaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar