Senin, 17 Februari 2014

Bisnis yang Dapat Digandakan

Untuk sukses dalam pemasaran jaringan, yang pertama-tama harus dilakukan oleh "wiraniaga alami" adalah melupakan segala hal yang mereka ketahui tentang menjual.

Banyak pemasar jaringan paling sukses yang saya temui memiliki latar belakang sebagai pelatih, ibu rumah tangga, pastor, guru--mereka yang benar-benar menikmati bercerita dan membantu sesama. Pemasaran jaringan adalah tentang berbagi informasi dan kisah pribadi, bukan tentang menjual dalam arti harfiah. 

Pemasaran jaringan juga adalah tentang rasa peduli terhadap kesuksesan mereka yang membawa Anda masuk ke bisnis itu. 

Kunci sukses dalam menjual adalah apa yang dapat Anda lakukan. 

Kunci sukses dalam pemasaran jaringan adalah apa yang dapat Anda gandakan. 

Faktor duplikasilah yang sebenarnya secara dramatis menunjukkan kepada Anda perbedaan besar antara penjualan dan pemasaran jaringan. 

Karena meski Anda bisa menjual banyak sekali produk, sebagian besar orang di jaringan Anda tidak akan bisa menggandakan apa yang bisa Anda lakukan. Akibatnya, jaringan Anda tidak dapat tumbuh, dan layu sebelum berkembang.

Sering menyaksikan orang berbakat dan kreatif melangkah masuk ke pemasaran jaringan membentur tembok karena menganggap satu-satunya cara meraih kesuksesan adalah menggunakan kepandaian, bakat, dan kemampuan unik mereka supaya terlihat mengagumkan. 

Tetapi bukanlah apa yang bisa Anda lakukan; namun adalah apa yang bisa Anda lakukan dan apa yang orang lain bisa lakukan juga.

Kemampuan menggandakan adalah kunci ajaibnya, bukan kemampuan menjadi penjual jempolan. 

Bicara tentang orang-orang yang berusaha mengetahui segala sesuatunya, Anda tahu apa artinya itu? Itu artinya berpikir seperti orang di kuadran S--bukan kuadran B. Jika Anda hidup di kuadran S, silakan, jadilah orang yang pandai, kreatif, dan unik! Akan tetapi, di kuadran B? Pandai dan kreatif adalah racun berbahaya. 

Henry Ford tidak menciptakan kekaisaran dan mengubah wajah planet ini dengan membangun model bisnisnya di sekitar keterampilan serta bakat unik para pekerjanya. 

Dia bisa saja merekrut perajin untuk membuat kendaraan secara manual. Hasilnya pasti kendaraan yang mengagumkan--dan kemungkinan dia akan berhasil menjual beberapa ratus unit kendaraan seperti itu. Sebaliknya, dia merancang model yang mudah dikerjakan oleh orang biasa dan memproduksi massal jutaan kendaraan. 

Henry Ford berpikir sebagai penghuni tulen kuadran B. 

Sekali lagi, yang memberi bisnis pemasaran jaringan Anda kuat bukan apa yang dapat Anda lakukan; tapi apa yang dapat Anda gandakan. Dengan kata lain, Anda harus membangun bisnis Anda dengan cara yang mudah ditiru orang lain. Mengapa? Karena Anda ingin--Anda perlu--orang lain meniru apa yang Anda lakukan. Itulah yang menciptakan kesuksesan Anda. 

Dari buku karangan Robert T. Kiyosaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar