Rabu, 12 Februari 2014

Pemasaran Jaringan Bukanlah tentang Menjual Produk atau Memperoleh Penghasilan!

     Salah kaprah terbesar tentang pemasaran jaringan adalah bahwa pemasaran jaringan adalah bisnis menjual. Akan tetapi, menjual hanya mendatangkan lebih banyak penghasilan. Masalahnya, jika Anda menghentikan aktivitas itu, penghasilan pun berhenti. Pekerjaan menjual tidak akan membangun kekayaan atau kebebasan Anda. Inti pemasaran jaringan bukanlah menjual produk tapi membangun jaringan.


     Hukum Metcalfe mengatakan bahwa nilai suatu jaringan sama dengan kuadrat jumlah pengguna jaringan; Jika ada penambahan pengguna, nilai jaringan meningkat seperti deret ukur. 
 V = N
Dalam bahasa sederhana bermakna bahwa jaringan itu berfungsi seperti tuas: dengan jaringan Anda bisa mengungkit waktu dan usaha Anda.

     Pemasaran Jaringan adalah bisnis dengan pertumbuhan tercepat di dunia, tapi sebagian besar orang masih belum bisa melihatnya. Karena tidak menyadari bahwa bisnis sebenarnya bukanlah produk itu tapi jaringan yang dilewati oleh produk itu. Yang membuat bisnis Edison revolusioner bukanlah lampu pijar Itu, tapi sistem yang mengalirkan daya ke lampu pijar tersebut. Ini disebut jaringan.

     Orang masih belum menangkap nilai pemasaran jaringan karena nilai ini tak kasat mata: Nilainya bersifat maya, bukan fisik. Anda tidak bisa melihatnya dengan mata Anda karena memang sedikit sekali yang bisa dilihat. Inilah model bisnis Abad Informasi sejati: Untuk menangkap nilainya, membuka mata saja tidak cukup; Anda perlu membuka pikiran. Bisnis pemasaran jaringan meledak di seluruh dunia, tapi khalayak masih tidak melihatnya.

     Bisnis seperti General Motors dan General Electric adalah bisnis Abad Industri. Waralaba-McDonald's, Subway, The UPS Store, Ace Hardware, dan sejenisnya-adalah bisnis peralihan yang muncul untuk menjembatani perjalanan dari Abad Industri ke Abad Informasi. Bisnis pemasaran jaringan adalah bisnis asli Abad Informasi, karena tidak berhubungan dengan tanah dan bahan bangunan, pabrik dan karyawan, melainkan informasi murni. 

     Sebagai pemasar jaringan tugas Anda mengkomunikasikan informasi, mengisahkan cerita, dan membangun jaringan.

Dari buku karangan Robert T. Kiyosaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar