Kamis, 13 Februari 2014

Pemenang dan Pecundang dalam Diri Anda

Sungguh ironis. Pecundang berkeluh kesah tentang keamanan serta jaminan-dan akhirnya terjebak dalam karier serta kehidupan yang tidak pernah benar-benar aman dan terjamin. Apa amannya bekerja empat puluh jam seminggu untuk perusahaan yang mungkin akan memecat Anda dalam beberapa tahun ke depan? Atau mempercayakan penghasilan Anda yang tidak seberapa ke rencana dana pensiun yang terus-menerus dihisap oleh reksa dana yang tenggelam.

Dalam diri kita ada si pemenang dan si pecundang, si kaya dan si miskin, yang mau bekerja dan yang hanya berleha-leha. Itulah pertempurannya. Alasan Anda ingin bergabung dengan perusahaan pemasaran jaringan adalah karena yang disebut terakhir ini akan mendukung si kaya dalam diri Anda untuk berdiri dan masuk hitungan. Teman pecundang ingin Anda tetap bermalas-malasan di sofa, mereka ingin Anda main aman dan bekerja empat puluh jam seminggu, karena dengan begitu Anda tidak menantang mereka untuk melakukan sesuatu yang berbeda. 
Ini bukan sponsor pemasaran jaringan Anda. Tim pemasaran jaringan ingin melihat Anda berprestasi, melangkah keluar dari apa yang biasa Anda lakukan, melampaui sejarah, dan menjadi Anda yang luar biasa, lebih hebat, bukan tetap menjadi Anda yang biasa-biasa saja.

Mudah sekali mengatakan, "Saya tidak mampu membayarnya,"  atau "Harga terlalu mahal," atau, "Saya hanya mau untung; saya tidak mau bekerja keras atau mengambil resiko sebesar itu." Si pecundang sedang berbicara.

Anda tidak perlu merasa sedih dengan hal itu Kita semua punya. Saya punya satu, dan sering kali dia yang menang-setidaknya selama sejumlah waktu singkat. Setiap pagi saya mengambil keputusan itu: Siapa yang bangun pagi ini, saya kaya atau saya miskin? Pemenang atau pecundang? Itulah pertempuran kami.

Bahkan, kita punya banyak sekali karakter di dalam diri kita, suatu spektrum luas tentang akan jadi siapa kita nanti. 
Saya ingin menjadi orang dengan kehidupan rumah tangga yang bahagia, yang bisa bersumbangsih bagi planet ini, dan merdeka secara spiritual.

Setiap kali kita membiarkan rasa takut, ragu, atau rendah diri menang, si pecundang tampil dan mendominasi. Belajar berbagi visi Anda dan membawakan cerita yang kuat serta persuasif adalah belajar cara mengalahkan pecundang dalam diri Anda dan membiarkan pemenang meluncur ke permukaan. 
Mempelajari cara membawakan cerita yang kuat adalah mempelajari cara untuk tampil sebagai pemenang. 

Sebagian besar orang tidak punya kemampuan untuk terus berjalan, menghadapi kekecewaan, dan tidak kehilangan arah yang mereka tuju. Intinya, mereka tidak terlatih dalam keterampilan itu. Akan tetapi, keterampilan itu sungguh penting. Itulah keterapilan sejati seseorang yang telah menguasai kuadran B. Itulah pemikiran ala wirausaha-dan satu atribut terpenting yang bisa Anda pelajari dari membangun bisnis pemasaran jaringan Anda sendiri.

Mendongkrak kepercayaan diri saya lebih penting daripada gaji. Membangun kembali rasa percaya diri dan harga diri itu tak ternilai harganya. Semua itu membantu saya memperoleh jutaan dolar. Untuk itu, saya selalu berterima kasih kepada Xerox Corporation dan semua staf yang membantu saya mengalahkan hantu, keraguan, serta ketakutan saya. Saat ini saya sangat merekomendasikan pemasaran jaringan karena industri ini menawarkan kesempatan yang sama untuk memperkuat dan membangun kembali kepercayaan diri Anda seperti yang Xerox tawarkan kepada saya.

Pemasaran jaringan memberi Anda kesempatan untuk menghadapi, melawan, dan mengalahkan rasa takut Anda, serta membawa keluar pemenang dalam diri Anda. 

Jangan salah paham-hanya karena Anda sudah bergabung dengan perusahaan pemasaran jaringan dan mulai membangun bisnis sendiri bukan berarti Anda sudah benar-benar bebas dari sang pecundang. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun kebebasan sejati Anda. Di Amerika sudah ada pembicaraan tentang kebebasan. Akan tetapi, Anda tidak benar-benar memiliki kebebasan sebelum meperoleh kebebasan keuangan. Dan butuh waktu untuk meraihnya.

Saya lahir tanpa harta, dan saya memperoleh serta kehilangan kekayaan beberapa kali di sepanjang perjalanan, jadi saya tahu seperti apa rasanya kehilangan segalanya: Pada masa sulit, pecundang bisa dengan mudah mengambil kendali. Akan datang saat-saat Anda merasa diuji: saat teman-teman berkata kepada Anda, "Saya bilang juga apa," dan anggota keluarga Anda diam-diam berbisik di telinga Anda, "Tidakkah lebih baik kauarahkan tenaga ke pekerjaan kecilmu dan melupakan pemasaran jaringan?"

Saya jamin akan datang saat-saat seperti itu sehingga Anda sangat tergoda membiarkan si pecundang mengambil alih. Jangan melakukannya.

Jadilah pemenang!

Dari buku karangan Robert T. Kiyosaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar